Selasa, 10 Maret 2009

CCTV Vivotek IP7133


Untuk urusan kamera pengintai, tentu nama Vivotek tidak bisa dilupakan. Perusahaan asal Taiwan ini memang berfokus pada produk-produk kamera pengintai dengan bermacam jenis. Kali ini, kami berkesempatan mencoba salah satu kamera pengintai Vivotek yang masuk ke jajaran Fixed Series, yaitu Vivotek IP7133.

Sesuai dengan serinya, Vivotek IP7133 memang tidak dapat bergerak secara otomatis, sehingga untuk mengatur arah kameranya, Anda harus menggerakkannya secara manual.

Selain itu, Anda tidak akan menemukan fasilitas koneksi nirkabel di kamera ini. Ya, Vivotek IP7133 hanya menyediakan koneksi dengan kabel LAN. Apabila Anda membutuhkan koneksi nirkabel, Vivotek juga memiliki varian lain, namun dengan bentuk yang sama, yaitu IP7134. Karena Vivotek IP7133 masih mengandalkan kabel, saat pemasangan Anda juga harus memperhatikan jarak dan panjang kabel antara kamera dengan switch.

Cara menggunakan kamera Vivotek IP7133 sangatlah mudah. Untuk mulai menggunakannya, Anda cukup menginstall software “Installation Wizard” yang telah disertakan. Software tersebut akan langsung mendeteksi kondisi jaringan Anda dan menghubungkan kamera dengan komputer. Setelah itu, Anda dapat langsung melakukan konfigurasi kamera dengan memasukkan alamat IP default milik kamera ini (169.254.0.99) pada browser web.

Selain aplikasi “Instalation Wizard”, pada paket penjualannya Vivotek juga memberikan aplikasi tambahan untuk kamera ini. Aplikasi bawaan Vivotek ini mampu memantau dan mengendalikan hingga 16 kamera sekaligus

Pengaturan pada kamera ini terbilang cukup lengkap. Anda dapat memilih resolusi gambar mulai dari QCIF (176 x 144 piksel), QVGA (320 x 240 piksel), ataupun VGA (640 x 480 piksel). Untuk codec videonya, Vivotek IP7133 menyediakan dua pilihan kompresi, yaitu MPEG4 dan Motion JPEG (MJPEG). Hasil rekaman videonya akan disimpan dalam format MP4. Kecepatan putar atau frame-rate maksimum yang dapat ditangkap oleh kamera ini adalah 30 frame per second. Kamera ini tidak hanya dapat merekam gambar, namun juga dilengkapi dengan perekam suara. Codec AAC dan AMR dapat dipilih untuk rekaman suaranya.

Jika Anda ingin mendapatkan jarak rekam yang lebih jauh, Vivotek IP7133 juga dapat melakukan perbesaran gambar atau zoom. Sayangnya, kamera ini tidak dapat melakukan zoom secara optis melainkan hanya secara digital. Pembesaran digitalnya dapat membesarkan sebuah obyek hingga 400% atau setara dengan perbesaran 4 kali.

Sesuai dengan fungsinya sebagai kamera pengawas, fungsi-fungsi keamanan pada Vivotek IP7133 terbilang cukup lengkap. Untuk membatasi akses ke kamera, kamera ini dapat dilindungi dengan password. Selain itu, pembatasan nomor IP yang diizinkan mengakses kamera juga dapat dilakukan. Selain pengamanan password pada kamera, aplikasi bawaannya juga dilindungi dengan password. Vivotek IP7133 juga dilengkapi dengan fitur motion detection untuk mendeteksi pergerakan objek selama kamera memantau. Sayangnya, kamera ini kurang sensitif dalam mendeteksi gerakan.

Perekaman oleh kamera ini dapat dilakukan secara terus menerus dengan durasi maksimal 30 menit untuk setiap file. Apabila durasi rekam lebih dari 30 menit, proses perekaman akan dilanjutkan dengan membuat file baru dengan batas durasi yang sama.

Kualitas video hasil rekam Vivotek IP7133 terbilang cukup bagus. Menurut kami, kamera ini memberikan kualitas yang cukup bagus pada resolusi 320 x 240 piksel dan bit-rate 512 kbps. Sementara pada kondisi cahaya cukup, Vivotek IP1733 mampu merekam video dengan baik. Sayangnya, kamera ini tidak mampu merekam gambar pada kondisi gelap atau kurang cahaya. Vivotek IP7133 tidak mampu merekam gambar sedikit pun ketika kondisi gelap. .

***

Secara keseluruhan, kamera pengintai Vivotek IP7133 menyajikan kinerja yang lumayan. Meskipun fitur yang ditawarkannya tidak terlalu istimewa dan memiliki banyak keterbatasan (seperti tidak adanya fitur nirkabel dan lemahnya kemampuan rekam dalam kondisi cahaya minim), kamera ini cukup pantas untuk dipilih pengguna yang membutuhkan fasilitas keamanan di rumah atau di kantor. Apalagi, harga yang ditawarkannya tidak terlalu tinggi.

Spesifikasi

Sensor

CMOS

Resolusi

176x144, 320x240, 640x480

Mode Exposure

Otomatis

Mode White Balance

Otomatis

Lensa

F2.0/ 4.09mm

Audio

AAC Stereo/ AMR

Video

MPEG 4 @ maksimal 30fps

Motion JPEG (MJPEG)

Koneksi

LAN 10/100Mbps

Dimensi

26,9 x 86,7 x 87,6 mm

Bobot

106g

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.vivotek.com

Harga Kisaran

US$ 275

Plus : Mendukung MPEG4, mikrofon.

Minus: Tanpa dukungan nirkabel, kualitas video di kondisi cahaya rendah kurang


Skor Penilaian

Penggunaan : 4

Kinerja : 3.75

Fasilitas : 3.75

Harga : 3.75

Total : 3.8

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Spinning myspace comments
Pink Hearts myspace comments
Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

My Groups On Yahoo


Powered By Blogger

my zodiac

zodiac myspace comments

Click In The Box